Selamat Datang

Untuk kalangan atau simpatisan kristiani.

Selamat datang di blog kami, semoga apa yang kami tuliskan dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Tuhan Yesus memberkati.


Terjemahkan Bahasa / Translate :

Terjemahkan Bahasa

Senin, 05 Desember 2011

Tentang KB Spiral atau IUD - Aborsi tersembunyi

Untuk mengatur atau mengontrol kelahiran anak dan menekan pertumbuhan penduduk pemerintah RI mulai tahun 1970 sudah memasyarakatkan keluarga berencana yang disertai dengan pemakaian alat kontrasepsi. Memang ada banyak alat kontrasepsi yang ditawarkan oleh pemerintah khususnya Departemen Kesehatan antara lain:

1. Diafragma
Alat yang berbentuk mangkok biasanya dibuat dari karet yang bisa menutupi lubang rahim dan mencegah sperma masuk rahim.



Jenis
Jenis diafragma antara lain:
a. Flat spring (flat metal band).
Jenis ini cocok untuk vagina normal dan disarankan untuk pemakaian pertama kali. Memiliki pegas jam yang kuat dan mudah dipasang.

b. Coil spring (coiled wire).
Jenis ini cocok untuk wanita yang vaginanya kencang dan peka terhadap tekanan. Jenis ini memiliki pegas kumparan spiral dan jauh lebih lunak dari pegas datar.

c. Arching spring (kombinasi metal spring).
Jenis ini bermanfaat pada dinding vagina yang tampak kendur atau panjang dan posisi serviks menyebabkan pemasangan sulit. Tipe ini merupakan kombinasi dari flat spring dan coil spring, dan menimbulkan tekanan kuat pada dinding vagina.


 2. Kondom 
Merupakan kantong karet yang tipis yang dipakai untuk membungkus penis selama hubungan badan yang berfungsi untuk menghambat sperma masuk ke liang sanggama.

Jenis Kondom
Ada beberapa jenis kondom, diantaranya:
a. Kondom biasa.
b. Kondom berkontur (bergerigi).
c. Kondom beraroma.
d. Kondom tidak beraroma.

3. Pil/tablet
Pil atau tablet kontrasepsi mengandung hormon sintetik yang mencegah pengeluaran sel telur dari indung telur (ovarium) dan mengentalkan cairan di leher rahim sehingga merupakan hambatan bagi sperma.



4. Spermisida
Merupakan senyawa kimia yang membunuh sperma dan tersedia dalam berbagai bentuk; busa vagiral, jeli, krem, tablet vagina, tablet atau aerosol. Alat ini dimasukkan ke dalam liang sanggama (vagina) sebelum hubungan badan.



5. Suntikan atau susuk (implant)
Alat kontrasepsi yang mengandung hormon sintetik seperti yang terdapat dalam kontrasepsi oral tetapi bukan untuk diminum, melainkan disuntikkan (sekali setiap 2-3 bulan) atau sebagai satu set susuk (digunakan sampai 5 tahun) yang dimasukkan ke dalam jaringan bawah kulit lengan oleh dokter dengan bantuan anestesi lokal.



6. Spiral atau AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim) atau IUD (Intra Uterine Device)
Adalah merupakan suatu alat kecil yang biasanya terbuat dari plastik dan tembaga yang dimasukkan ke dalam rahim oleh dokter. Alat ini berfungsi untuk mencegah bersarangnya sel telur yang telah dibuahi.

Berdasarkan semua defenisi dari alat-alat kontrasepsi di atas, kita mengetahui bahwa kelima alat kontrasepsi mulai no 1-5 boleh kita gunakan, tetapi spiral atau AKDR kita tidak boleh menggunakannya karena jika kita menggunakan alat itu berarti kita melakukan aborsi.

Kita semua tahu proses pembuahan yang telah terjadi antara sperma dan sel telur akan menghasilkan fetus atau zigot. Berarti telah terjadi pembuahan yang akan menjadi cikal-bakal bayi yang disebut dengan fetus atau zigot.


Proses Perkembangan Janin




Minggu pertama – 8 hari selepas proses persenyawaan berlaku, blastocyst (kini mengandungi 200 sel) merembeskan lendir untuk memberitahu kehadirannya di dalam rahim.

Minggu ke-2 – Blastocyst menggelembung dan sel-sel mula berkembang dan terbahagi kira-kira 2 kali sehari sehinggalah pada hari yang ke-12 jumlahnya telah bertambah dan membantu blastocyst terpaut atau disauh dengan kukuh pada endometrium.

Minggu ke-3 – Ukuran embrio terbentuk dan ukurannya hanyalah sepanjang 0.08 inci/2 mm. Gen janin mula hendak membentuk dalam 3 lapisan benih (sel) daripada organ badan yang akan bergabung.

Minggu ke-4 - Janin sudah mulai membentuk struktur asas manusia dimana sel-sel mula bergabung dan pada masa itu embrio sudah mulai memanjang kira-kira 1/4 inci (6 mm = sebesar biji melon). Pada masa ini sudah kelihatan pembentukan otak dan tulang belakang serta anggota lain seperti jantung yang memompa darah ke paru-paru dan aorta (urat besar yang membawa darah daripada jantung).


Usia Minggu ke 4



Usia Minggu ke 8



Usia Minggu ke 12



Usia Minggu ke 16




Usia Minggu ke 20



Usia Minggu ke 24



Usia Minggu ke 28



Usia Minggu ke 36




Janin usia 37 hingga 42 Minggu
Kepala bayi turun ke ruang pelvik. Bentuk bayi semakin membulat dan kulitnya menjadi merah jambu. Rambutnya tumbuh dengan lebat dan bertambah 5cm. Kuku terbentuk dengan sempurna. Bayi sudah bisa melihat adanya cahaya diluar rahim. Bayi pada saat ini sedang belajar untuk mengenal aktifitas harian, selain itu bayi juga sedang belajar untuk melakukan pernafasan walaupun pernafasannya masih dilakukan di dalam air. Berat badan bayi di minggu ini 2700-2800 gram, dengan tinggi 48-49 cm

Bayi siap lahir. Ibu tidak perlu khawatir jika bayinya tidak lahir tepat pada waktu yang telah diperkirakan. Persentasenya hanya 5% bayi lahir tepat pada tanggal yang diperkirakan. Waktu yang telah lama dinanti hampir tiba dan si bayi akan segera melihat dunia. Sementara itu, rambut lanugo (= rambut badan) bayi telah lenyap meskipun mungkin masih ada yang tersisa di punggung dan dahinya. Sebagian bayi lahir agak terlalu cepat, sebagian lainnya agak sedikit terlambat, tetapi mereka sungguh lahir! 


Zigot/fetus adalah janin bayi (manusia)
Sebagaimana yang telah kita singgung di atas bahwa fetus atau zigot adalah hasil pembuahan sperma dan sel telur berarti itu adalah janin bayi atau manusia ...... Bukan hanya segumpal darah !

Jika ada orang yang mengatakan bahwa zigot atau fetus itu bukan manusia berarti apa? Bukankah fetus atau zigot itu berkembang dalam kandungan dan akan lahir sebagai bayi? Bukankah itu cikal bakal bayi yang akan lahir? Lalu bagaimana orang mengatakan zigot atau fetus itu bukan manusia.

Marilah kita lihat bagaimana firman Tuhan menyikapi zigot atau fetus sebagai manusia, dan Daud sendiri mengakuinya dalam :

Mazmur 139:13-16 “Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya.” 

Mazmur 51:7 menyatakan, “Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.”

Dari kedua ayat ini kita dapat menyimpulkan bahwa “fetus adalah manusia.”

Gunakan alat kontrasepsi dengan bijaksana, tetapi jangan menggunakan Spiral atau AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim) atau IUD (Intra Uterine Device).








Catatan Admin :

Keluaran 20:13 Jangan membunuh.

Efesus 6:11 Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;





Sumber http://www.tftwindo.org/livingwords/SH132005/132005-6.htm, http://www.lusa.web.id/, http://www.baby-orchestra.com/?p=144

Tidak ada komentar:

Posting Komentar