Selamat Datang

Untuk kalangan atau simpatisan kristiani.

Selamat datang di blog kami, semoga apa yang kami tuliskan dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Tuhan Yesus memberkati.


Terjemahkan Bahasa / Translate :

Terjemahkan Bahasa

Rabu, 04 Juli 2012

Kain Kafan Turin


------------------------------------------------------------
PENYELIDIKAN KAIN KAFAN
------------------------------------------------------------

KAIN KAFAN TORINO BERASAL DARI ABAD KE-14?

Atas perintah dari Paus Johannes Paulus II kain kafan yang disimpan di kota Torino di Italia Utara diselidiki secara ilmiah dengan test-Carbon-14.

Test-Carbon-14 itu adalah cara yang baik untuk menentukan umur dari barang purbakala. Metode itu sudah lama dikenal, tetapi baru sekarang ini dapat dilakukan dengan contoh kain yang kecil (kurang dari satu centimeter persegi).

Test dilakukan oleh tiga Universitas (satu di Amerika, satu di Inggris dan satu di Swis). Penyelidikan dikoordinasi oleh Direktur dari British Museum, Dr. Tite.

Pada bulan Oktober 1988 diumumkan hasilnya: Kain kafan di Torino berasal dari abad 14, Dengan demikian sudah terbukti bahwa kain kafan Torino bukan kain kafan Yesus, yang disebut dalam Injil Yohanes.


PENIPUAN OLEH BRITISH MUSEUM?

Akan tetapi Dr. Bruno Bonnet-Eymard dalam majalah bulanan Perancis 'La Contre-reforme catholique' menuduh Dr. Tite melakukan penipuan. Pada waktu potongan dari kain kafan akan dikirim ke Universitas yang akan menyelidiki kain itu, Dr. Tite menukar potongan kain kafan dengan potongan kain lain yang diambil dari Korkap Santo Louis, Uskup dari Anjou pada abad ke-14.


PETISI KEPADA SANTO BAPA

Sekarang sudah ada banyak petisi kepada Santo Bapa di Roma, supaya test-Carbon-14 diulang dengan penjagaan lebih ketat, supaya jangan ada penipuan lagi.

Pada bulan Mei 1989 akan diadakan simposium di kota Bologna, Italia, sebagai persiapan Kongres Internasional kelima, yang akan diadakan di Cagliari, Italia pada bulan April 1990.

Harapan besar mereka akan mohon izin dari Santo Bapa untuk mengulang test-Carbon-14.


PENYELIDIKAN BARU:
KAIN KAFAN DIBUAT DALAM ABAD KEDUA SEBELUM MASEHI!

Pada tahun 1973 Prof. Gilbert Raes dari Universitas Gent di Belgium telah membuat penyelidikan-tekstil sepotong dari kain kafan. Prof. Raes membuktikan bahwa benang dari kain kafan dipintal dengan tangan. Pada akhir abad ke-11 di Eropa Barat sudah memakai roda pemintal, sehingga penyelidikan dari British Museum tidak cocok. Prof. Raes masih menyimpan sepotong dari kain kafan itu. Potongan itu dikirim ke Universitas di California (Amerika Serikat) untuk diselidiki dengan test-Carbon-14. Hasilnya bahwa kain kafan itu dibuat lebih kurang 200 tahun sebelum Yesus lahir. Yosef dari Arimatea yang sudah mempunyai kuburan dekat Kalvari, mungkin juga sudah mempunyai kain kafan yang mahal dan tua.

Darah merembesi serat2 kain


HASIL PENYELIDIKAN TEAM AMERIKA PADA TAHUN 1976

Pada tahun 1976 team dari Amerika menyelidiki kain kafan.

Hasil penyelidikan mereka dipelajari di Amerika oleh lebih dari 400 orang ahli sains. Mereka semua berpendapat, bahwa kain kafan bukan penipuan.

Flagrum (cambuk) dan sepotong kain kafan dengan tanda dua pasang luka cambuk

Gambar pada kain kafan sungguh cetakan dari jenasah seorang yang disiksa seperti diceriterakan dalam Injil, bukan lukisan. Tidak ketemu zat warna atau bahan kimia lain, yang diperlukan untuk melukis.


Gambar punggung dengan lebih dari 120 luka cambuk (flagrum taxillatum)

Diperiksa dengan microscope tidak ketemu kesalahan anatomis.

Padahal ilmu anatomi yang tepat baru berumur 150 tahun.


Gambar tangan dengan empat jari, kedua ibujari tertekuk ke dalam

Gambar adalah negatif, sedangkan fotografi baru dikenal dalam abad ke-19.

Gambar mempunyai sifat tiga dimensi. Komputer dan alat foto untuk menyelidiki tiga dimensi adalah alat mutakhir (tahun 70-an) yang dipakai oleh NASA untuk menyelidiki permukaan bulan.

Tangan dipaku pada Rongga Destot tempat urat syaraf median

Luka pada tangan Yesus ketemu pada pergelangan tangan, bukan ditengah-tengah tangan seperti lukisan-lukisan dari abad pertengahan.

Gambar luka ditikam tombak; darah mengalir ke bawah; bagian yang terang pada noda adalah terpisahnya serum dengan darah.

Luka pada lambung Yesus ketemu disebelah kanan bawah, bukan kiri atas seperli patung salib biasa.


KEBENARAN AKAN MENANG

Kain kafan pernah dipakai untuk membungkus jenasah yang disiksa seperti Yesus!
Ahli sains yang menyelidiki dulu tidak akan diam. Dalam waktu singkat kebenaran akan menang!


J. Lampe S.J.

------------------------------------------------------------
BAGAIMANA SAMPAI DI TURIN?
------------------------------------------------------------

Kain kafan Turin dipercayai sebagai kain kafan yang dipakai oleh para murid-Nya untuk membungkus jenazah Yesus waktu dimakamkan, seperti dikisahkan oleh semua penginjil.

"Mereka menurunkan tubuh Yesus, lalu dikafaninya dengan kain halus sambil membubuh rempah-rempah wangi, semuanya menurut adat Yahudi menguburkan orang mati." (Yoh 1 9 :40)

Bagaimana sejarahnya maka Kain kafan itu sekarang disimpan di kota Turin di Italia Utara?

Pada waktu Yesus bangkit dari antara orang mati, Kain kafan ditinggal di dalam makam. Yohanes memberi kesaksian dalam injilnya: "Ia (Yohanes) menjenguk ke dalam dan dilihatnya kain kafan terletak di situ." Sesudah itu tidak disinggung tentang Kain kafan. Dapat dipastikan, para rasul dan para murid membawa Kain kafan suci ke Yerusalem dan menyimpan serta menghormatinya di sana. Tetapi sebelum tahun 348 (jadi selama tiga abad lebih) tidak adalah berita-berita tentang Kain kafan itu. Dapat kita maklumi keadaan ini, sebab selama waktu itu orang-orang kristiani sedang dikejar-kejar, dianiaya, dan bila tertangkap, dibunuh. Orang-orang kristiani bersembunyi, menjalankan ibadat-ibadat secara sembunyi-sembunyi, dan menyembunyikan semua barang dan orang yang bersangkut paut dengan iman mereka, termasuk Kain kafan Yesus.

Baru sesudah Konstantinus naik takhta sebagai Kaisar Roma dan bertobat menjadi kristiani, (313), maka agama kristiani dapat berkembang dengan bebas dan orang-orang kristiani dapat menjalankan ibadat-ibadat mereka dengan leluasa. Pada tahun 348 St. Sirilus, uskup Yerusalem, membuktikan kebangkitan Yesus dengan menunjukkan kepada umatnya Kain kafan Yesus. Pada tahun 670 uskup Arkulfus dari Britani Perancis menulis dalam buku hariannya tentang ziarahnya ke Yerusalem; ia mencatat bahwa ia melihat, mencium dan mengukur panjang Kain kafan itu.

Pada tahun 1005 Yerusalem diserang dan diduduki oleh orang-orang Turki (Islam). Orang-orang kristiani melarikan diri ke Konstantinopel (Istambul sekarang); harta Gereja dan barang-barang suci yang sangat berharga mereka bawa serta, termasuk Kain kafan Yesus. Pada tahun 1147 raja Louis VII dari Perancis datang ke Konstantinopel dan menghormati Kain kafan.

Konstantinopel pun tidak luput dari serbuan orang-orang Turki. Berkali-kali Konstantinopel menjadi rebutan antara raja-raja kristiani dan raja-raja Islam. Relikui-relikui suci ada yang hilang. Tetapi Kain kafan masih tetap aman dan utuh. Para peziarah tetap berdatangan ke Konstantinopel untuk menghormati Kain kafan Yesus. Dalam salah satu buku harian para peziarah itu disebutkan bahwa tiap-tiap hari Jumat Kain kafan itu diperlihatkan kepada khalayak umum yang ingin menghormatinya. Tetapi Konstantinopel terus menerus saja menjadi bulan-bulanan serangan orang-orang Turki.

Keamanannya kurang terjamin. Maka selama Perang-perang Salib berikutnya diamankanlah barang-barang suci dari Konstantinopel.

Pada tahun 1353 Kain kafan diketahui berada di keluarga Geoffrey de Charny dari Perancis, di kota Lirey. Pada tahun 1357 keluarga bangsawan yang miskin di daerah Perancis Tengah itu memamerkan kain itu dalam gereja setempat mereka.

Keluarga yang berharap menarik perhatian para peziarah dan sumbangan mereka mengatakan bahwa kain itu adalah Kain kafan yang dipakai pada pemakaman Yesus Kristus.

Uskup setempat segera memerintahkan supaya pameran itu ditutup. Pada waktu itu barang peninggalan merupakan usaha dagang yang menguntungkan, dan pemalsuan pun sudah menjadi hal yang biasa. Sangat tidak mungkin bahwa sebuah keluarga yang tidak dikenal memiliki Kain kafan asli dari Yesus.[1]

----
[1] Majalah Mingguan Hidup, No.1O Th. XXXIV 7 Maret 1982,
"Inikah Wajah Yesus Kristus?", hlm. 6.

Pada tahun 1452 Kain kafan itu dipertukarkan dengan sebuah puri dan tanah yang mengelilinginya. Pemiliknya sekarang adalah Pangeran Louis Savoie. Kain kafan dipindah dari Lirey ke Chambery. Dan di tempat ini dibangun sebuah kapel yang indah untuk Kain kafan itu. Kain kafan disimpan dalam sebuah peti perak, dilipat rapi. Pada tahun 1532 terjadi kebakaran di sakristi kapel itu. Sebagian tutup peti perak itu terbakar. Lelehan perak menjatuhi Kain kafan dan menghanguskan lipatan-lipatannya. Pada tahun 1534 suster-suster Klaris dari Chambery diberi tugas memperbaiki Kain kafan itu.


Pada tahun 1578 Emmanuele Filibert II, Raja Savoie, memindahkan Kain kafan ke Turin, untuk memperpendek perjalanan Karolus Borromeus, Uskup Agung Milan, yang ingin menghormati Kain kafan karena Milan telah dijauhkan dari suatu bencana. Di Turin Kain kafan mula-mula disimpan di gereja St. Laurensius, di dalam kapel Bunda Berdukacita.

Pada tahun 1649 Kain kafan dipindahkan ke kapel yang dirancang dan dibangun oleh Guarino Guarini di dekat Katedral Turin.

Dalam Perang Dunia II Kain kafan sempat diamankan ke kota Napels. Tetapi pada tahun 1946 Kain kafan dibawa kembali ke Turin dan disimpan di sana hingga sekarang. Secara yuridis Kain kafan tetap menjadi milik keluarga Savoie. Namun ada tiga instansi yang memegang kuncinya, yaitu keturunan keluarga Savoie sendiri, Uskup Agung Turin, dan Pemerintah di Turin.

------------------------------------------------------------
PENELITIAN KAIN KAFAN
------------------------------------------------------------

Pertanyaan-pertanyaan yang timbul tentang Kain kafan Turin itu telah menciptakan ilmu pengetahuan baru, yang disebut sindonologi. (Sandon, bhs. Latin, berarti: kain kafan.)

Pertanyaan-pertanyaan itu mengenai:

1. Keaslian (autentisitas) Kain kafan:
Apakah Kain kafan Turin itu benar-benar kain lenan yang dibeli oleh Yusuf Arimatea untuk membungkus (mengafani) tubuh Yesus?

2. Keaslian (kesungguhan) gambar pada Kain kafan:
Apakah gambar yang tertera pada Kain kafan itu sungguh-sungguh bekas darah yang mengalir dari luka-luka? Mungkinkah itu hanya hasil lukisan seorang seniman, suatu tiruan dari abad 14 atau sebelumnya?

3. Bagaimana gambar itu sampai tertera pada Kain kafan?
Bagaimana darah-darah yang meliputi tubuh penuh luka itu membekas (mengecap) pada Kain kafan, sehingga timbullah perwujudan manusia Kain kafan itu?

 Kain Kafan Turin    Bagian depan tampak dalam foto negatif

Penelitian Kain kafan bermula dengan pembuatan foto Kain kafan itu pada tahun 1898 oleh Secondo Pia. Sambil mengikuti pameran umum yang jarang dibuat untuk Kain kafan Turin, Secondo Pia, seorang fotografer Italia, diijinkan untuk mengambil foto dari peninggalan itu. Ketika memperbesar negatifnya, Secondo terkejut karena menemukan gambar positif dari wajah pada Kain kafan itu, sebuah gambar yang jauh lebih jelas bagaikan hidup daripada kalau Kain kafan dilihat dengan mata telanjang. Ini adalah penemuan pertama bahwa gambar pada Kain kafan itu menyerupai negatif fotografis -- semacam gambar yang tidak dapat dipahami oleh pemalsu abad pertengahan.

Pada tahun 1900 seorang seniman Perancis dan ahli biologi, Paul Vignon, berusaha menemukan bagaimana terjadi gambar pada Kain kafan Turin itu. Ia menetapkan bahwa itu bukanlah lukisan atau celupan dan menyatakan bahwa bagaimanapun juga gambar itu diproyeksikan ke dalam Kain kafan oleh sebuah tubuh manusia.[2]

----
[2] Hidup, 7 Maret 1982, hlm. 12

Pada tahun 1931 seseorang bernama Joseph Enrie membuat foto lagi atas Kain kafan dengan hasil yang lebih jelas dan lengkap.

Pada tahun 1969 Uskup Agung Turin, Kardinal Pellegrino, membentuk suatu komisi penelitian untuk mempelajari lebih mendalam lagi tentang Kain kafan. Seseorang bernama Giovanni Battista Judica-Cordiglia membuat foto baru Kain kafan dengan teknik-teknik fotografi yang lebih maju. Pada tahun 1973 tanggal 22 dan 23 November, Kain kafan dipertunjukkan di layar televisi untuk pertama kalinya. Monsignor Giulio Ricci membuat foto-foto dari Kain kafan untuk meneruskan penyelidikan-penyelidikannya. Dan komisi baru dibentuk pula untuk penelitian-penelitian lebih lanjut.

Monsignor Giulio Ricci mengabdikan diri kepada penelitian Kain kafan itu sejak tahun 1950. Ia mempelajari bekas-bekas pada Kain kafan satu demi satu, menganalisis sifat dan morfologinya (bentuk dan susunannya), dan menyelidiki arah-arah aliran darah, sudut-sudut, keteraturan dan ketidakteraturannya. Ia mendasarkan penelitian-penelitiannya atas semua ilmu pengetahuan modern dengan dibantu oleh ilmuwan-ilmuwan dari Italia dan negara-negara lainnya. Pada tahun 1976 ia terpilih menjadi presiden Centro Romano di Sindonologia (Pusat Sindonologi Roma). Ia juga menjadi anggota Pusat Internasional Sindonologi di Turin. Dewasa ini ia dipandang sebagai seorang ahli terkemuka tentang Kain kafan.

Selain ilmuwan-ilmuwan Italia, para ilmuwan dari negara lain pun menaruh perhatian yang besar. Kain kafan Turin telah menjadi salah satu obyek penelitian ilmiah yang sangat intensif yang pernah dilakukan di antara sekian banyak peninggalan sejarah lainnya. Pada tahun 1978 terbentuk kelompok ilmuwan dari Amerika Serikat yang disebut Proyek Penelitian Kain Kafan Turin. Dua orang yang terlibat dalam Proyek ini ialah Kenneth Stevenson, seorang insinyur dan bekas perwira angkatan udara, dan Gary Habermas, seorang profesor sejarah dan filsafat. Mereka menjelajahi seluruh Italia dengan susunan terbaik dari alat uji-coba non-destruktif yang mungkin dapat mereka adakan. Mereka mengadakan segalanya dari sinar merah infra sampai pada x-ray. Mereka mempergunakan spektroskopi, cermin sinar merah infra, sinar ultraviolet, x-ray standar, sinar x-ray pokoknya apa saja yang dapat dipikirkan dipakai untuk menenun kapas; bekas-bekas kapas terdapat pada serat-serat lenan yang diselidikinya. Dan diketahui bahwa kapas sudah terdapat di Timur Tengah sejak abad 7 sebelum Masehi dan tidak ditanam di Eropa. Jadi penemuan-penemuan kedua orang ilmuwan itu membuktikan bahwa Kain kafan Turin ditenun di Timur Tengah dan sudah diproduksi 2000 tahun yang lalu, dan bahwa Kain kafan Turin itu pernah berada di Palestina, di Turki dan di kawasan Laut Tengah.

Yang tidak dapat diragu-ragukan lagi tentang Kain kafan Turin ialah bahwa Kain kafan itu dahulu dipakai untuk membungkus Seorang Manusia; bahwa Manusia itu membekas pada Kain kafan itu; dan bahwa bekas-bekas pada Kain kafan itu bekas-bekas darah yang mengalir dari luka-luka Manusia itu.


Sifat luka-luka Manusia itu juga sudah diselidiki secara anatomis dan patologis dan menambah kepastian bahwa bekas-bekas itu sungguh-sungguh bekas-bekas darah, bukan tiruan atau buatan tangan manusia/seniman abad 14.


Seandainya bekas-bekas itu tiruan atau buatan belaka, bagaimana mungkin bekas-bekas itu dapat dilukis demikian cermatnya sampai hal yang sekecil-kecilnya dan tak satu kejanggalan pun yang dapat dikenali oleh ilmuwan-ilmuwan kedokteran dewasa ini. Mungkinkah seniman abad 14 akan mempunyai ilmu pengetahuan kedokteran abad 20? Karena pertimbangan itu semua maka para ahli anatomi dan patologi berkesimpulan bahwa gambar yang membekas pada Kain kafan Turin itu bukanlah tiruan atau buah karya seniman abad 14.


Apakah Manusia yang terbungkus Kain kafan Turin benar-benar Yesus sendiri? Hal ini kiranya juga tidak diragu-ragukan lagi. Penelitian terhadap bekas-bekas darah yang ada pada Kain kafan Turin mengungkapkan bahwa Manusia Kain kafan itu telah mengalami lima tahap penderitaan: penderaan, pemahkotaan duri, pemanggulan salib, penyaliban di atas bukit Kalpari, dan penusukan lambung dengan tombak. Dari historiografi (penulisan sejarah) tak dapat diketemukan orang lain yang telah menjalani kelima tahap penderitaan itu, kecuali orang yang disebut "Yesus Kristus" dalam kisah sengsara menurut Matius, Markus, Lukas dan Yohanes.

Gary Habermas menguatkan hal ini. Ia berkata, "Sejarah dan arkeologi memberikan kerangka umum tentang apakah itu penyaliban. Dan kita tahu dari cerita Injil tentang sejumlah hal yang telah diperbuat terhadap Yesus yang bukan merupakan prosedur biasa dalam penyaliban. Hal-hal itu seperti misalnya: bahwa Ia dimahkotai duri, bahwa kaki-Nya tidak dipatahkan, bahwa Ia ditikam di lambung setelah Ia meninggal dan keluarlah darah dan air. Juga tidak lazim bagi seorang penjahat yang tersalib mendapatkan penguburan pribadi dengan pakaian lenan yang mahal.

Para ahli kedokteran yang telah meneliti Kain kafan berkata bahwa hal ini dengan tepat menunjukkan hal-hal sebagai berikut: seorang yang dimahkotai dengan duri, yang kakinya tidak dipatahkan, yang ditikam di lambung dengan senjata ukuran seorang serdadu Roma, dengan darah dan air tercurah dari lukanya setelah kematian. Dan ia juga dikuburkan tersendiri dalam pakaian lenan yang mahal. Bukan hanya semuanya ini menunjukkan kesamaan tetapi juga tidak adanya titik perbedaan. Jika mereka adalah orang-orang yang berlainan, anda dapat berharap menemukan sekurang-kurangnya satu detail yang tidak cocok. Tetapi sekali lagi, tidak ada titik perbedaan.

Selain itu, Proyek Penelitian Kain Kafan Turin juga mengungkapkan bahwa sekurang-kurangnya terdapat empat petunjuk pada Kain kafan tentang kebangkitan orang yang terbungkus di dalamnya.


Pertama, tidak terdapat pembusukan pada pakaian. Mayat yang terbungkus di dalamnya selama lebih dari empat hari pastilah akan membusuk dengan hebatnya. Tetapi kita tidak menemukan suatu tanda tentang hal itu pada Kain kafan. Jadi orang yang mati di dalamnya telah bangkit, atau sebelum hari yang keempat telah dipindahkan dari dalamnya. Seandainya mayat dipindahkan dari dalam bungkusnya, bagaimana kita akan menerangkan gambar yang terjadi pada kain pembungkus itu? Pada Kain kafan itu kita menyaksikan bekas lumuran darah yang pekat dan utuh; bekuan darah tidak retak atau rusak. Anda dapat membayangkan pembalut pada luka: ketika anda membuka, pembalut itu sedikit melekat pada luka. Kain kafan dihubungkan secara longgar dengan mayat oleh darah yang mengering. Jika ada orang melepaskannya, ia akan menghancurkan bekuan darah dan meretakkan ujung bekas lumuran darah yang kering. Para ahli kedokteran yang telah mempelajari Kain kafan mengatakan itu tidak terjadi.

Jadi pertama, mayat tidak berada cukup lama dalam Kain kafan untuk membusuk.

Petunjuk kedua, bekas lumuran darah yang utuh mengatakan kepada kita bahwa mayat itu (tetap) terbungkus; mayat tidak pernah dipindahkan dari bungkusnya .

Petunjuk ketiga tentang kebangkitan ialah bahwa gambar itu memiliki ciri-ciri barang hangus. Maka petunjuk ketiga berdasarkan pada teori bahwa gambar disebabkan oleh suatu penghangusan. Mayat telah meninggalkan Kain kafan tanpa terbungkus dan pakaian yang hangus dengan gambar tentang dirinya sendiri. Hal ini memberikan penjelasan adanya semacam kekuatan enersi yang mungkin menghanguskan Kain kafan itu kekuatan enersi yang bersinar cemerlang yang telah menjadikan orang mati dalam bungkus Kain kafan itu bangkit dan hidup kembali dalam kemuliaan ilahi.

Petunjuk keempat adalah sebuah bukti sejarah. Jika Kain kafan menguatkan cerita Injil tentang kematian Yesus, maka Kain kafan cenderung menguatkan apa yang dikatakan Injil tentang kebangkitan Yesus.

Jadi gambar pada Kain kafan hanya dapat terjadi, bila orang yang terbungkus di dalamnya bangkit dari mati penuh cahaya cemerlang.[5]

----
[5] Hidup, 7 Maret 1982, hlm. 9-10.



Tentang bagaimana terjadinya gambar pada Kain kafan itu, penyelidikan demi penyelidikan sedang berlangsung. Ahli-ahli kimia, biokimia, pembesaran gambar dan analisis dengan komputer, fisika nuklir, fotografi bintang, spektroskopi, termo-kimia, mikroanalisis dan selidik-mikro ion, penentuan tanggal dengan karbon semuanya mencurahkan perhatian untuk membuka rahasia tentang terjadinya gambar pada Kain kafan itu. Yang mereka ungkapkan antara lain bahwa gambar itu terjadi melalui proses pancaran cahaya termonuklir (fotolisis dalam kilatan cahaya sekejap), atau ledakan sinar yang sangat terang dalam sekilas; bahwa gambar itu terjadi sebagai akibat campuran wangi-wangian ratus dan blendok dalam iklim yang lembab; bahwa gambar itu tercipta berkat proses fibrinolisis (pelunakan darah yang beku karena adanya fibrinolisin dalam darah atau karena ulah bakteri-bakteri); bahwa gambar itu terjadi sebagai akibat dari pelbagai reaksi biokimia.

Semoga seluruh dunia tidak lama lagi akan mengetahui lebih banyak tentang Manusia Kain kafan dan menanggapi dengan cinta dan kerendahan hati yang mendalam seruan yang tidak kunjung padam-- "Ecce homo! Lihatlah manusia itu!"


Lihat video Discovery Channel - Shroud of Turin - New Evidence



Manusia Kain Kafan 012074 © Kanisius 1983

PENERBIT KANISIUS (Anggota IKAPI)
Jln. Cempaka 9, Deresan, Yogyakarta 55281
Telepon (0274) 588783. 565996, Teleks 295213
Fax (0274) 563349 Kotak Pos 1125/Yk, Yogyakarta 550011


Dan dari sumber-sumber lain.

1 komentar:

  1. Kiranya orang-orang yang tidak suka dengan rendah hati dan membuka hati membaca dan menghargai. Saya percaya hanya 1 kain kafan Turin, yaitu Kain Kafan Tuhan Yesus. Trima kasih semuanya. Tuhan memberkati. amin.

    BalasHapus